NEWS

Loading...

Gambar1

Tata Cara dan Bacaan Do’a Thawaf Sesuai Tuntunan Sunnah

Tata cara dan Bacaan Do’a Thawaf Sesuai Tuntunan Sunnah


Tata cara dan Bacaan Do’a Thawaf . Amalan Thawaf ialah gerakan memutari Ka’bah sampai tujuh kali. Dimna tiga giliran pertama , jika memungkinkan dgn berlari- lari kecil,dan giliran berikutnya berjalan seperti biasa. Thawaf diawali dan di akhiri di Hajar Aswad (tempat batu hitam) dgn menjadikan Baitullah disebelah kiri. berbeda Hajar Aswad sebagai ciri awal dan akhir thawaf, jamaah umroh dan hajj jg bisa memandang di lantai ada garis hijau yg sejajar ke arah pembatas Masjidil Haram. Di pembatas Masjidil Haram, sebelah kanan jamaah umroh dan haji ada lampu hijau sebagai simbol jg.

Program Paket Umroh Murah Tahun 2017 – 2018 – 2019 Biaya Mulai Rp19 Juta. Info: 0815 8648 5578 WA 0821 1458 6851

di Dalam hal bacaan do’a dan dzikir saat melakukan thawaf, jamaah bs menentukan doa dan dzikir mana yang dirasakan cukup baik tanpa membalut diri dgn suatu do’a tertentu. Jamaan umroh dan haji jg dpt mencontoh apa yang diajarkan oleh Muthawwif – pembimbing thawaf – . Dalam hal ini tdk ada jenis doa dan dzikir tertentu yang diharuskan oleh syara’ (hukum agama).

Didlm buku-buku petunjuk umroh dan haji yang diberikan oleh pihak biro travel umroh haji mmg banyak menuliskan bahwa ada do’a dan dzikir tertentu yang dibaca pada saat umroh pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Namun hakikatnya tidaklah wajib.

para Jamaah  umroh  dan haji yang berthawaf boleh berdo’a apa sj yg sekiranya di anggap baik, berupa kebutuhan dunia dan akhirat, buat diri pribadi, atau keluarga dan kerabat, tetangga, jamaah majelis taklim serta teman-teman usaha dan rekan kerja. Tentu saja, doa-doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW adalah lebih bagus, karena itu berarti kita mengamalkan sunnah Nabi yang sudah tentu pasti ada lebihan pahala dan membuktikan kecintaan kita kepada beliau.
tata cara tuntunan thawaf sesuai sunnah

Syarat Sah Thawaf bagi Jamaah Umroh dan Haji

1. Suci dari hadats besar dan kecil (suci badan/pakaian/tempat thawaf dari pada najis).

2. Menutup aurat. Allah SWT berfirman, “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid.

3. Melakukan thawaf tujuh kali putaran sempurna.

4. Memulai thawaf dari Hajar Aswad dan berakhir di situ juga.

5. Harus berurutan langsung (tidak diselingi oleh pekerjaan lain).

6. Dilakukan dalam Masjidil Haram dan di luar dari Hijir Ismail.

Tata Cara Thawaf dan Bacaannya Thawaf Bagi Jamaah Umroh dan Haji

1. Memulai thawafnya dengan menyisir dekat Hajar Aswad, sambil mencium, menyapu atau memberi isyarat bagaimana dapatnya; lalu diucapkan:

Bismilllaahi Wallaahu akbar, allaahumma iimaanan bika watashdiiqan bikitaabika, wawafaa’an bi’ahdika wattiibaa’an li sunnatin nabiyyi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.).

Artinya: “Dengan nama Allah,   Allah yang maha besar, Ya Allah, demi keimanan kepda-Mu, dan membenarkan kitab suci-Mu, memenuhi janji dengan-Mu serta mengikuti sunnah Nabi-Mu Muhammad SAW.”

2. Disunnatkan berjalan cepat pada tiga putaran pertama; langkah hendklah diperpendek dan dipercepat, dan sedapat mungkin mendekatkan diri ke ka’bah. Kemudian pada empat kali putaran selanjutnya hendaklah ia berjalan seperti biasa. Bagi yang tidak dapat berjalan cepat atau mendekati ka’bah, bolehlah thawaf sebagaimana dapatnya, dan disunatkan menyapu rukun Yamani dan mencium Hajar Aswad atau mengusapnya pada setiap kali dari 7 putaran itu.

3. Memperbanyak do’a dan dzikir.

a. Saat menghadap Hajar Aswad membaca:

(Bismilllaahi Wallaahu akbar, allaahumma iimaanan bika watashdiiqan bikitaabika, wawafaa’an bi’ahdika wattiibaa’an li sunnatin nabiyyi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.).

Artinya: “Dengan nama Allah,   Allah yang maha besar, Ya Allah, demi keimanan kepda-Mu, dan membenarkan kitab suci-Mu, memenuhi janji dengan-Mu serta mengikuti sunnah Nabi-Mu Muhammad SAW.”

b. Jika telah mulai thawaf, diucapkan:

(Subhaanallaah, walhamdulillaah, wa laa ilaaha illallaah, wallaahu akbar, wala haulaa walaa kuwwata illaa billaah).

Artinya: “Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, dan tiada Tuhan melainkan Allah, Allah Mahabesar dan tiada daya maupun tegaga kecuali dengan Allah.

Atau membaca doa-doa lain untuk kebaikan dan kebarokahan dunia akhirat.

4. Ketika berada di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad, disunnahkan membaca

(Robbana aatina fid dunya hasanah, wa fil aakhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar).

Artinya:” Ya Rabb kami, karuniakanlah pada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta selamatkanlah kami dari siksa neraka”.

5. Jika telah selesai 7 putaran, shalatlah dua rakat’at dekat maqam Ibrahim,     sambil membaca:

(Wattakhidzuu mim maqaami ibraahiima mushalla)

Artinya:” Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat”

Dengan demikian berakhirlah thawaf, kemudian dilanjutkan dengan sa’i.

Itulah sedikit artikel tentang tata cara Dan Bacaan Do'a thawaf Sesuai Tuntunan Sunah

program khazzanah:

paket umroh oktober 2018
paket umroh november 2018
paket umroh desember 2018




#Di Bekasi #Di Bogor #Di Depok #Di Sidoarjo #Di Tangerang #Di Jogyakarta #Di Balikpapan #Di Malang# Di Surakarta #Di Semarang #Di Depok #Di Jakarta #Di Bandung #Di Palembang #Di Pekanbaru #Di Banjarmasin #Di Bandar Lampung #Di Surabaya #Di Padang #Di makassar #Di Medan